Sampah mengepung LHOKNGA

Kecamatan Lhoknga yang memiliki daerah strategis di ujung sumatera merupakan daerah potensi akan sumberdaya alamnya, memiliki garis pantai yg memanjang dan landai, selain itu sebuah perusahaan raksasa juga hadir mewarnai kehidupan masyarakat setempat.

Pada awal tahun 1990 Lhoknga sudah menjadi salah satu tempat kunjungan wisata Aceh, hingga hari ini kehadiran wisata mancanegara memberikan akses kepada masyarakat untuk mengembangkan sistem wisata yang lebih baik.

Paska tsunami, kecamatan Lhoknga terus menggeliat, pendapatan perkapita masyarakat juga makin meningkat, ini dapat dilihat dari aktifitas perekonomian yang semakin "move on" di segala sektor.

Seiring geliat wisata dan lainnya ada hal yang sepertinya tertinggal. Sampah,,, inilah yang kini terlihat. Banyak sudut lahan yang berada di dalam kecamatan Lhoknga yang bertaburan sampah.
Dilihat dari jenis sampah yang bertabur jelas itu merupakan sampah rumah tangga (dominan) dan sampah usaha (homestay, kedai sayur, ikan, ayam ) dan jenis usaha lainnya.

Adapun konsentrasi sampah yang dapat di temukan ada beberapa titik.
1. Lahan kosong arah menuju Lamlhom (jalan elak Mon ikeun-lampuuk)
2. Jembatan menuju Mukim Lamlhom.
3. Samping jalan utama Banda Aceh-Lhoknga (Tanjung)
4. Pasar Lhoknga (lahan kosong)
5. Daerah lahan kosong lainnya yang ada dalam kecamatan Lhoknga (tidak dominan)

Keberadaan sampah ini menyebabkan timbulnya efek lain bagi kehidupan masyarakat sperti : sumber penyakit dan sumber makanan bagi Babi liar.
Dari sebuah penelitian yang dilakukab pada tahun 2009 oleh seorang mahasiswa paska Sarjana di salah satu perguruan tinggi di Banda aceh membuktikan bahwa sumber hama terbesar di dalam kecamafan Lhoknga adalah Babi. Hama babi yang kian trasa mengganggu lahan pertanian masyarakat kian trasa bahkan kabarnya juga dapat memangsa ternak peliharaan lainnya.

Kondisi sampah yang kian menjadi jadi seperti terbiarkan atau di biarkan oleh pihak yang memiliki kewenangan  baik kepala desa, mukim maupun pihak Kecamatan Lhoknga.
Jika dilihat lebih jauh maka bisa dikatakan Lhoknga Pusat Sampah.

Masyarakat sangat mengharapkan peran serta pihak-pihak terkait di setiap level untuk dapat berfikir akan masalah ini. Jika tetap "Diam" maka lhoknga 10 tahun kedepan akan tenggelam dalam sampah dan akan mempengaruhi semua aktifitas ke depan...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »