Lapangan Udara Maimun Saleh

 Catatan Sejarah Lapangan Terbang MAIMUN SALEH

Esok harinja tanggal 2 Agustus 1952 djam 06.35 djenasah alm. sdr. Maimun diangkut dengan pesawat dari Pangkalan Udara Tjililitan ke Kotaradja (Atjeh) tempat dimana alm. tersebut dilahirkan.
Alm. Maimun Saleh dilahirkan pada tanggal 14 Mei 1929 di Kotaradja.

Berturut turut ia mendapat didikan pada sekolah ,,Taman Siswa’’ dan ,,Sekolah Menengah Islam’’ di Kota kelahirannja itu.

Pada bulan Agustus 1949 sdr. Maimun Saleh diterima mendjadi murid penerbang di Kotaradja dan pada tahun 1950 ia dipindahkan ke Sekolah Penerbang di Kalidjati dimana ia telah berhasil memperoleh idjasah sebagai penerbang klas 3 pada 1 Pebruari 1951. kemudian ia masuk Squadron IV (Pengintai Darat) dan turut serta dalam semua operasi jang didjalankan oleh Squadron tersebut.

Dengan gugurnja sdr. Maimun Saleh, Angkatan Udara kita kehilangan pula jang mempunjai hari kemudian dalam pambangunan Angkatan Udara Republik Indonesia. Achirnja kepada keluarga alm. sdr. Maimun kami dari Angkasa atas nama seluruh Anggota AURI tak lupa menjampaikan perasaan turut berduka tjita atas gugurnja sdr. Maimun.

Almarhum adalah seorang Penerbang Daerah Istimewa Atjeh, telah gugur pada tanggal 1 Agustus 1952 dalam usia kl. 25 tahun dan dimakamkan di Aneuek Galong Sibreh Ketjamatan Suka makmur Kabupaten Atjeh Besar. Guna mendjadi kenang2an nama : MAIMUN SALEH telah diabadikan untuk lapangan terbang Militer LHO’ NGA dan Detasemen AURI Banda Atjeh (dahulu Koetaradja) pada tanggal 9 April 1954 oleh Angkatan Udara Republik Indonesia.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »