LHOKNGA DAN POTENSI

14 KM bagian barat dari Ibukota Provinsi Aceh merupakan keberadaan Kecamatan Lhoknga.

Kecamatan Lhoknga memiliki 4 mukim yang terdiri dari 28 Gampong/desa; dengan total jumlah penduduk 18326 jiwa (data penduduk tahun 2009:kantor Camat Lhoknga)

Ada beberapa hal yang cukup menarik dari lhoknga seperti dialek masyarakatnya dimana antar mukim memiliki dialek yang berbeda beda dan itu bisa kita jumpai kita temui langsung secara personal.

ya ini adalah anugrah, kita bisa langsung menentukan bahwa ini dari mukim lampuuk, lamlhom atau kueh.

Paska gempa dan Tsunami 2004 lhoknga telah melewati banyak tahapan dalam proses menuju perbaikan

baik secara infra struktur maupun pola pikir yang kian kritis, ini secara tidak langsung dipengaruhi oleh banyak datang warga asing/nasonal ketika masa Rekontruksi dan rehabilitasi.

Begitu menjamurnya Lembaga Swadaya Masyarakat yang ada juga telah memberi kontribusi bagi pencerahan pola fikir masyarakat untuk bisa bangkit dari keterpurukan kondisi.

Lhoknga kini telah bangkit dan terus membenahi diri dari ketertinggalan. Kegiatan gampong ikut bangkit, penguatan lembaga adat juga tak tertinggal, sisi ekonomi pun tampak mengeliat, walau belum ada kabar hingga hari ini; Pasar Lhoknga yang megah telah di bangun di lokasi sebelumnya.

PEMBENAHAN lokasi wisata juga terlihat dengan banyaknya pengunjung yang datang pada lokasi wisata sperti Pantai Lampuuk, Pantai Babah Kuala, Pantai lhoknga bahkan turis manca Negara juga semakin membludak sehingga banyak memberi dampak bagi masyarakat lokal.

Ini dapat kita lihat dengan adanya beberapa Wisma, homestay yang berada di Mukim Lhoknga dan Lampuuk seperti : wisma Andalas, Joel begalow, darlian homestay, mitabu homestay, edy homestay, mami diana homestay serta yudi homestay

Mukim Lhoknga memang memiliki potensi wisata yang cukup menarik di sisi lain juga memiliki Lapangan golf bertaraf nasional yang berlokasi di gampong mon Ikeun. Pejabat dan penguasa selalu hadir untuk melontarkan bola bulat di lapangan tersebut,, nah ini juga telah mampu menyedot tenaga kerja harian bagi pemuda setempat. Yang cukup menonjol dari hadir Lap golf ini telah banyak menyumbangkan pengolf Aceh yang telah ikut pada event lokal dan nasional, kini pembibitan golfer terus dilakukan.

Sementara itu Mukim Lampuuk selain memiliki lokasi wisata juga memiliki pusat pembibitan dan pengembangan buah naga. Tanaman ini baru di Kecamatan Lhoknga;


bersambung.....


Lhoknga AND POTENTIAL


14 KM west of the capital of Aceh province is the existence of Lhoknga District.

Sub Lhoknga has 4 mukim consisting of 28 Village / village; with a total population of 18,326 inhabitants (data on population in 2009: Lhoknga subdistrict head office)

There are some pretty interesting things from Lhoknga like dialect society where inter-mukim has a distinct dialect difference and could we meet we meet in person immediately.

yes this is a gift, we can immediately determine that this is the mukim Lampuuk, lamlhom or kueh.

After earthquake and the 2004 Tsunami Lhoknga has passed through many stages in the process towards improvement both infra structure and an increasingly critical mindset, this is not directly affected by many foreigners come / nasonal when the Reconstruction and rehabilitation.

Once the mushrooming of NGOs who have also have contributed to the enlightenment thought patterns of society to be able to rise from adversity condition.

Lhoknga has now risen and continue to fix itself from backwardness. Join village activities rise, strengthening of traditional institutions is also not left behind, the economy looked mengeliat, although there has been no news to this day; magnificent Lhoknga Market has been established at the previous location.

Improving the tourist sites are also seen with many visitors who come on tourist sites sperti Lampuuk Beach, Kuala Babah Beach, Beach State Lhoknga even foreign tourists are also increasingly booming so much to give effect to the local community.

It can be seen in the presence of several Wisma, homestay is located in Mukim Lhoknga and Lampuuk like: homestead Andalas, Joel begalow, darlian homestay, mitabu homestay, homestay edy, mami diana and yudi homestay homestay

Mukim Lhoknga does have the potential of tourism is quite interesting on the other side also has a nationally acclaimed golf course located in the village Ikeun mon. Officials and authorities are always present to catapult the ball round the field,, well it also has been able to siphon daily employment for local youth. What is particularly striking from the present Lap golf has a lot to contribute pengolf Aceh who had participated in local and national events, are now breeding golfers continue to be done.

Meanwhile, Mukim Lampuuk addition to having a tourist site also has a central nursery and dragon fruit development. This plant is new in District Lhoknga;



continued .....

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »